yuk perkuat pengetahuan finansialmu
Lifestyle

Yuk, Perkuat Pengetahuan Finansialmu!

Dalam post pertama yang saya buat di blog ini, saya bilang bahwa saya kemungkinan bakal banyak ngepost tentang statistik, komputasi, dan berbagai review serta tulisan-tulisan berkategori lifestyle. Tapi, ternyata setelah melihat kilas balik di kebanyakan postingan di blog ini, hampir semua postingan berkaitan dengan keuangan, khususnya investasi 😀

Hmm, mungkin karena saya memang belakangan ini sedang sangat tertarik dengan pengetahuan finansial. Terlebih karena hal ini merupakan dunia yang cukup baru bagi saya. Selama belajar di sekolah yang memakan waktu kurang lebih enam belas tahun termasuk kuliah, saya tidak pernah diajari tentang bagaimana uang bekerja. Bagaimana cara kita meng-handle keuangan kita.

Hal-hal yang baru kemudian saya temukan setelah lulus. Setelah mendapatkan pekerjaan pertama. Setelah membaca buku Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki. Membaca buku itu membuat saya berpikir, harusnya hal-hal penting ini diajarkan di sekolah.

Di era modern seperti sekarang ini, kita sudah lebih terekspos kepada berbagai pengetahuan. Informasi-informasi seperti ini sekarang sudah banyak tersedia dan mudah sekali diakses di internet. Youtube terutama, sebagai salah satu platform dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Kita tidak lagi perlu menunggu untuk diajarkan tentang ilmu yang ingin kita pelajari. Tinggal ketikkan kata kunci, search dan here we go.

Nah, saya sendiri masih sedang dalam tahap pembelajaran tentang dunia finansial yang luas ini. Buat temen-temen yang juga sama-sama sedang atau ingin belajar tentang keuangan, saya mau kasih rekomendasi channel Youtube favorit saya nih tentang keuangan. Menurut saya, channel-channel ini bisa memberi informasi-informasi atau tips dan trik tentang dunia keuangan yang mudah dipahami dan cukup menyeluruh.

Apa aja nih channel-channel-nya?

1. Two Cents

Two Cents adalah salah satu channel yang paling saya sukai. Video-videonya berkisar antara 5-10 menit. Dengan dua orang host yang menjelaskan istilah-istilah atau kondisi-kondisi keuangan dengan cara yang menyenangkan. Topik yang mereka bahas juga selalu menarik dan up to date.

Untuk memudahkan penonton memahami, video-video mereka disertai dengan animasi serta skit-skit pendek yang cerdas. Rasanya seperti menonton Blues Clues versi pengetahuan finansial. Yang jelas, mereka berusaha mentransfer berbagai ilmu finansial dengan cara yang lebih menyenangkan. Intip video-video mereka di sini.

2. Nate O’Brien

Nate O’Brien merupakan salah satu sosok yang inspiratif menurut saya. Usianya masih muda, lebih muda dari saya. Tapi pengetahuan finansialnya sudah jauh lebih luas. Kalau saya baru mulai belajar keuangan saat mulai bekerja, Nate bahkan sudah memulai perjalanan belajarnya sejak lulus SMA. Dan sekarang, ia sudah membantu orang lain untuk memahami berbagai ilmu finansial.

Mungkin karena masih muda, ia memiliki gaya hidup yang agak sedikit frugal. Tapi saya suka nonton video-videonya. Selain dapat ilmu terkait finansial yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, saya juga dapat motivasi buat lebih semangat belajar dan bekerja. Nate yang masih begitu muda saja bisa, harusnya saya juga bisa dong. Temen-temen juga bisa dong 😀

3. Felicia Putri Tjiasaka

Last but not least, Felicia Putri Tjiasaka. Kalau yang satu ini, putri asli Indonesia. Beberapa tahun lalu, saya sempat dipertemukan oleh Youtube dengan salah satu video mbak Felicia ini tentang tips menabung untuk milenial. Dan ketika saya mulai lagi mencari-cari video tentang investasi, video-video mbak Felicia muncul lagi dong di bagian rekomendasiku.

Saya suka nonton video-video beliau karena penjelasannya yang sederhana dan mudah dipahami. Dan karena beliau orang Indonesia, jadi tahu betul gaya hidup anak-anak muda Indonesia dan pada akhirnya bisa memberi saran-saran konstruktif yang bisa diterapkan oleh anak-anak muda terkait kondisi finansialnya.

Nah, itu dia 3 channel Youtube rekomendasiku buat temen-temen yang pengen konten-konten pembelajaran finansial yang mudah dipahami.

Kalau ada yang baru mau mulai belajar nih, harus nonton yang mana dulu? Saranku sih, nonton video Bang Raditya Dika yang satu ini.

Nah, kok lari ke Bang Raditya Dika? 😀

Karena saya merasa sangat tercerahkan dengan video di atas dan menurut saya perlu untuk memberikan honorable mention kepada video tersebut. 😀

Mungkin sekian saja bahasan tentang keuangan kali ini. Kalau dari temen-temen ada rekomendasi juga gak nih tentang channel-channel pengetahuan finansial yang bisa ikutan saya tonton?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *