Review

Review Bibit, Aplikasi Reksadana untuk Investor Pemula

Hayoo, sudah daftar Bibit belum?

Apa itu Bibit? Kok kayaknya hype banget ya? Lagi banyak yang ngomongin. Jadi, Bibit itu adalah sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia untuk menjadi seorang investor, dalam hal ini investor reksadana. Aplikasi Bibit memiliki tampilan yang sangat user friendly, dan juga memiliki fitur bernama Robo Advisor yang akan membantu penggunanya untuk melakukan investasi Reksadana dengan mudah.

Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah reksadana, kan? Sering disebut-sebut sebagai metode investasi yang relatif aman dan dapat dilakukan dengan modal awal yang sangat kecil. Kalau dulu minimal jumlah dana untuk melakukan transaksi top up reksadana adalah seratus ribu rupiah, sekarang lebih mudah lagi teman-teman. Cukup dengan sepuluh ribu rupiah. Iya, minimum transaksi top-up dana investasi reksadana di aplikasi Bibit adalah sepuluh ribu rupiah.

Kurang mudah apalagi coba? Kalau dulu, untuk menjadi seorang investor, baik saham maupun reksadana kita harus datang langsung baik ke perusahaan sekuritas maupun manajer investasinya. Nah seiring dengan perkembangan zaman, investasi khususnya reksadana sudah sangat mudah untuk dilakukan dan tentu saja siapa pun bisa mulai berinvestasi reksadana.

Baca juga : Mulai Investasi di Era New Normal

Saya sendiri bersama sahabat-sahabat saya, mulai menjadi pengguna aplikasi ini sejak sebulan yang lalu. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini, berikut kelebihan/kekurangan aplikasi ini yang saya rasakan.

1. Kemudahan dalam Proses Pendaftaran

Menurut saya, kemudahan dalam proses pendaftaran merupakan hal yang penting dan salah satu hal yang mendorong saya untuk mencoba menggunakan aplikasi ini. Bayangkan, kita ingin menjadi seorang investor yang dananya nantinya akan dipergunakan untuk membeli kumpulan saham dari berbagai perusahaan dengan proses pendaftaran yang sangat mudah.

Secara umum, kita hanya perlu memasukkan beberapa data pribadi, foto KTP dan foto diri dengan KTP. Selanjutnya, tinggal menunggu verifikasi pendaftaranmu. Untuk saya sendiri, proses menunggu ini memakan waktu sekitar satu hari. Keesokan harinya, saya sudah bisa melakukan top-up pertama.

2. Ada Fitur Robo Advisor untuk Membantu Pengguna Memilih Jenis dan Manajer Investasi

Jadi, pada saat melakukan pendaftaran akun, pengguna juga diberi beberapa pertanyaan untuk menentukan profil risiko dari tiap-tiap pengguna. Ada 3 jenis reksadana di aplikasi Bibit, reksadana saham dengan yang menginvestasikan sebagian besar dananya ke pasar saham, ada reksadana obligasi yang menginvestasikan sebagian besar dananya ke surat utang dan surat berharga negara dan ada reksadana pasar uang yang menginvestasikan sebagian besar dananya ke pasar uang. Ketiga jenis reksadana tersebut memiliki tingkat risiko yang berbeda.

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang memiliki risiko terendah juga potensi return terendah. Obligasi memiliki risiko sedang dan potensi return juga sedang, dan reksadana saham memiliki risiko tertinggi dan potensi return yang juga cukup tinggi. Robo Advisor akan menyarankan pengguna untuk membeli ketiga jenis reksadana tersebut dengan persentase yang sesuai dengan profil risiko pengguna.

3. Kemudahan dalam Melakukan Top-up Dana

Menurut saya ini sangat penting, karena jika top-up dana sulit dilakukan saya akan jadi jarang top-up. Untungnya, top-up dana di aplikasi Bibit sangat mudah untuk dilakukan. Bibit memberi banyak pilihan bank dan top-up bisa dilakukan melalui virtual bank. Jadi, tinggal gunakan mobile atau SMS banking, top-up sudah dapat dilakukan dan tanpa biaya tambahan.

Bibit juga punya fitur Set Menabung Rutin untuk kamu yang pengen nabung rutin. Nanti ketika tanggal yang sudah ditetapkan, Bibit akan mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan kamu bahwa sudah saatnya menabung.

4. Ada Cashback Menarik

Pada saat pendaftaran, kamu bisa memasukkan kode referensi : anakkalem untuk mendapatkan cashback sebanyak Rp. 25.000. Menarik bukan? Nantinya, setelah terdaftar kamu juga bisa mendapatkan cashback dengan cara membagikan kode referral kamu ke orang-orang yang kamu ajak menggunakan aplikasi Bibit. Selain orang yang kamu ajak mendapat cashback, kamunya juga akan mendapatkan cashback yang sama. Gimana? Semakin menarik kan?

Ayo tunggu apalagi? Hanya dengan sepuluh ribu rupiah, kamu sudah bisa mulai berinvestasi dengan aplikasi Bibit. Sebelumnya, jangan lupa bahwa reksadana adalah sebuah investasi, maka selain potensi mendapatkan keuntungan kita juga berpotensi mengalami kerugian. Tapi dengan adanya profil risiko dari aplikasi Bibit, potensi mengalami kerugian ini coba diminimalisir.

Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung. Selamat berinvestasi 🙂

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *