investasi di era new normal
Experience

Mulai Investasi di Era New Normal

Siapa nih yang baru mau mulai investasi di era New Normal?

Beberapa minggu yang lalu, salah satu sahabat nge-share di grup Whatsapp tentang jenis investasi ORI 017 yang masa penawarannya udah buka mulai tanggal 15 Juni kemarin sampai dengan 9 Juli 2020. Nah, yang lain nyahut dong, apa itu ORI? Gimana cara kerjanya?

Sahabat saya ini kemudian mulai menjelaskan panjang lebar bahwa ORI merupakan salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi di pasar perdana. Intinya, ORI ditawarkan oleh pemerintah Indonesia sebagai bentuk investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Kalau kita melakukan investasi dengan membeli ORI 017 ini, kita bukan hanya melakukan investasi untuk keuntungan diri sendiri tapi kita juga sekaligus bisa membantu negara. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Ketika kita membeli ORI 017 ini, nanti kita akan diberi kupon untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini setiap bulannya. Hanya saja, uang investasinya tidak bisa diambil kapan saja. Jadi, harus ditunggu jatuh tempo dulu. Intinya seperti itu menurut sahabat saya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai ORI 017 ini, temen-temen bisa lihat langsung di website kemenkeu ini. Akhirnya, setelah bahasan tentang ORI yang panjang, pembicaraan pun berlanjut ke jenis-jenis investasi yang lainnya.

Yang jadi bahasan selanjutnya adalah reksadana. Karena klaimnya yang mudah, dapat dilakukan dengan dana awal yang sangat minim serta cukup mudah untuk dicairkan, sahabat-sahabat saya jadi banyak yang tertarik untuk mencoba melakukan jenis investasi ini. Kami, bareng-bareng akhirnya mencoba menggunakan aplikasi Bibit, yang katanya paling ramah dan mudah dipahami oleh investor pemula yang ingin mulai melakukan investasi reksadana. Review aplikasi ini bisa temen-temen baca di sini.

Kesimpulan dari pembicaraan malam yang tumben berfaedah ini adalah saat ini, era New Normal adalah saat yang tepat untuk mulai berinvestasi. Kondisi pasar modal yang pada masa pandemi sempat anjlok, saat ini mulai merangkak naik kembali meskipun tetap mengalami fluktuasi. Hal ini menjadikan reksadana saham sebagai salah satu jenis investasi yang cukup berpotensi menghasilkan keuntungan ketika kondisi pasar modal mulai stabil kembali. Selain itu, investasi secara keseluruhan juga dapat membantu kita apabila nanti terjadi hal yang tidak diduga-duga dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Tentu saja investasi seharusnya dilakukan setelah kita punya dana darurat yang cukup untuk meng-cover paling tidak kebutuhan kita selama 2-3 bulan. Tapi dengan kemudahan penggunaan aplikasi reksadana bibit, saya yang pada dasarnya belum punya tabungan dana darurat memutuskan untuk sekalian menabung dana darurat di aplikasi ini.

Untuk kepentingan menabung dana darurat, saya memilih jenis investasi reksadana pasar uang yang memiliki risiko paling kecil sekaligus potensi return paling kecil. Hal ini saya lakukan supaya saya dapat menarik dana ini kapan saja tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi pasar modal.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Kalau menurut teman-teman, tepat gak nih memulai investasi di era New Normal?

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *